f

Resensi buku "Langkah Sejuta Suluh" kisah nyata MERRY RIANA

/
0 Comments
I Dare to Dream Big!
JUDUL                        : Langkah Sejuta Suluh
PENULIS                    : Clara NG, Merry Riana
PENERBIT                 : Gramedia
JUMALAH HAL        : 436
TAHUN                      : 2014

Keputusan Ekstrim yang Mengubah Segalanya
            Kisah dalam buku ini sangat popular dikalangan anak-anak pecinta dunia bisnis bahkan juga pemuda-pemudi pecinta film. Sebelumnya, Merry Riana muncul dalam buku pertamanya yang berjudul ”Mimpi Sejuta Dolar” yang berhasil menyedot perhatian masyarakat dengan film layar lebar yang di bintangi Chelsea Island dan juga Dion Wiyoko. Film yang diadaptasi dari kisah nyata buku Merry Riana yang pertama ini mendongkrak penjualan tiket dan juga bukunya menjadi best seller. Nah, buku keduanya yang berjudul Langkah Sejuta Suluh ini bisa dibilang sekuel dari bukunya yang pertama. Menceritakan kehidupan nyata seorang Merry Riana yang sukses diusia muda dan mampu mencapai pendapatan finansial satu juta dolar sebelum berusia 30 tahun.
           Buku ini menggambarkan setting negara Singapura sebagai lokasi utama perjalanan cerita. Diawali dengan seorang mahasiswi Indonesia bernama Merry Riana yang memutuskan untuk mendalami dunia entrepreneur seusai lulus kuliah. Mula-mula, Merry digambarkan sebagai sosok gadis tegar dan ulet namun memiliki banyak hutang dan harus memeras otak untuk bekerja apapun demi mengumpulkan banyak uang. Pilihannya jatuh pada sebuah pekerjaan menjadi sales keuangan,atau konsultan finansial. Sebelumnya Merry sempat menjadi panitia seminar dan sales tiket yang bertugas menyebar serta mencari audiens.
        Meskipun bisnis bukan bidang yang ia geluti sewaktu kuliah, Merry bertekad untuk mewujudkan mimpinya memiliki pendapatan tidak terbatas dengan cara menjadi pengusaha. Ia bersemangat menawarkan tiket maupun jasa konsultan keuangan di tempat-tempat umum. Stasiun kereta, pasar, Mall modern sampai halte bus di sepanjang jalan.  Keuletan serta semangatnya dalam menjalani pekerjaan mengantarkan Merry Riana menjadi seorang manager yang mendapat banyak pujian serta penghargaan.
            Dalam kisah nyata kehidupannya, Merry Riana harus mengalami banyak kegagalan sebelum mencapai posisi manager dan akhirnya dapat membuat perusahaannya sendiri. Dia bekerja siang sampai malam, bahkan ketika weekend. Sebagai seorang sales, ia harus mengejar target sebanyak-banyaknya sehingga pendapatannya akan semakin meningkat.
            Merry Riana mempercayai bahwa mimpi tidak boleh dilupakan dan ia tidak akan menyerah sampai akhir pertempuran. Setelah ia berhasil memiliki perusahaan konsultan keuangan bernama MRO, Merry Riana Organization menjadi pemecah rekor industri di Singapura dengan tim yang dipilih sendiri oleh Merry Riana. Pemuda-pemuda tanpa pengalaman yang menjadi sales berbakat dan mampu menarik banyak nasabah serta klien. Pemuda-pemuda ini merupakan sarjana muda yang belum memiliki pengalaman bekerja sama sekali. Merry Riana membuktikan bahwa ketika mimpi benar-benar keras dan sukar diraih, dengan semangat dan kerja keras seseorang yang tidak memiliki apapun dapat mewujudkannya.

Memperkenalkan mereka semua!
            Merry Riana memilih calon karyawannya sendiri dengan membentuk sebuah panitia kecil yang menyeleksi mereka lewat acara perkenalan selama 3 hari. Acara yang diisi berbagai permainan kekompakan ini terbukti berhasil menggambarkan karakter anak-anak pilihannya dan memudahkannya dalam menyeleksi. Merry Riana ingin menunjukan bahwa setiap orang tidak bisa langsung dinilai dari penampilan luarnya. Dalam buku ini, terdapat beberapa tokoh yang terlihat keren,cerdas, memiliki public speaking yang bagus ternyata bukan sosok pemimpin atau anggota yang sesuai dengan keinginan Merry. Ia menganggap bahwa disamping kecerdasan intelektual, anggota timnya harus memiliki rasa kesetiakawanan dan peduli dengan anggota yang lain.
            Salah satu hal yang menarik dari buku ini ialah partner Merry yang bernama Alva, sekaligus kekasihnya selalu mendukung dan mementori Merry dalam keberhasilan usahanya menjadi konsultan keuangan. Bagian mereka saling mendukung satu sama lain hingga keduanya menikah menjadi bagian favorit saya. Mereka mengajarkan bahwa hubungan relationship ternyata bisa menularkan aura positif dan berjalan berdampingan menuju mimpi yang sama. Bukan hanya tentang cinta dan keharmonisan, namun juga ketepatan mereka dalam berdiskusi seputar bisnis.
            Penulis buku ini, Clara NG menuliskan karakter Merry Riana dengan begitu nyata dan terasa hidup. Saya sendiri sangat mengagumi sosok Merry Riana baik dalam cerita maupun dunia nyata. Perempuan miliarder muda yang pencapaian fenomenalnya dimuat dalam artikel berjudul ”She’s made her first million at just age 26” di Koran harian Singapura, The Straits Time tahun 2007 ini begitu multitalent dan sangat ulet. Ia berhasil menjadi tokoh inspirasional sekaligus motivator no. 1 di Indonesia dan Asia. Pada bulan maret bahkan ia diundang sebagai selebriti muda yang berhasil memecahkan rekor industri dalam acara disebuah stasiun televisi swasta. Selain itu, pada tahun 2006 Merry menerima sejumlah penghargaan,salah satunya dianugerahi Nanyang Outstanding Young Alumni Award dari kampusnya di Singapura. Ia benar-benar perempuan tangguh yang juga aktif dalam kegiatan sosial.
           Alasan mengapa saya sangat mengagumi buku dan juga sosok Merry Riana ialah ia memotivasi saya melalui kisah hidupnya yang inspiratif. Ia menunjukkan bahwa seseorang harus memiliki mimpi yang tinggi, luar biasa,dan gila!. Karena dari situlah awal mula titik keberhasilan seseorang dalam menjalani hidup. Ia menuliskan kalimat ini pada bagian akhir dalam bukunya ketika ia menerima banyak pertanyaan tentang bagaimana bisa seorang gadis dengan banyak hutang mampu mencapai pendapatan finansial tak terbatas diusia muda? Merry Riana selalu menjawabnya dengan kalimat ajaib, Because I dare to dream big!. Karena saya berani bermimpi besar!.
                                                                                                        


You may also like

Tidak ada komentar:

Flickr Images

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Sandi Ovinia Putri

Tulisan tidak hanya berhenti di satu masa dan hanya satu kepala.
Tulisan bisa lebih kuat dari pada peluru, sebab ia mampu menembusa daya pikir kita.

Popular Posts