f

WASPADA CAVERNOUS SINUS THROMBOSIS

/
0 Comments

Jangan sepelekan gejalanya!
                

               Seiring dengan meningkatnya kemakmuran dan gaya hidup yang kian tidak sehat, banyak penyakit baru yang muncul dan mencengangkan dunia kedokteran,sebut saja flu burung, lupus, flu babi dan lain-lain. Baru-baru ini muncul penyakit cavernous sinus thrombosis yang merupakan penyakit infeksi baru di Indonesia.
                Penyakit ini muncul disebabkan oleh terjadinya penyumbatan pada pembuluh besar pada dasar otak yang berasal dari mikroorganisme dan juga virus. Mikroorganisme maupun virus ini pada awalnya menyebar kedalam otak melalui infeksi sinus atau infeksi pada daerah mata dan hidung. Selain itu, Cavernous sinus thrombosis juga dapat muncul disebabkan oleh berbagai jenis obat-obatan kimia yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup panjang.
                Cavernous sinus thrombosis bisa berakibat fatal bila tidak segera ditangani dengan serius, sebab penyakit ini sanggup membunuh penderitanya hanya dalam waktu 24-48 jam semenjak gejala bertambah parah menjadi kronis. Jika tidak menyebabkan kematian, maka penyakit ini bisa mengakibatkan cacat permanen pada susunan syaraf diotak.
                Gejala-gejala yang timbul akibat penyakit ini diantaranya sakit kepala berat, mata menonjol,demam tinggi,otot lemah pada bagian tertentu. Bakteri yang memicu timbulnya infeksi dalam otak manusia dan dapat menyebabkan cavernous sinus hrombosis ialah bakteri bacillus,sphirochaeta, dan cocus. Pada umumnya,penyakit ini dapat dengan mudah ditularkan melalui udara, dan juga cairan tubuh penderita.
                Kenali gejala cavernous sinus thrombosis sejak dini dan jangan menyepelekan infeksi biasa yang sering terjadi didaerah sinus. Upaya preventif lebih baik dibandingkan kuratif. Salah satu upaya pencegahan penyakit cavernous sinus thrombosis antara lain mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas,menggunakan tisu antiseptic,menghindarkan diri dari penderita,pemeliharaan kebersihan rumah dan lingkungan, serta memperbaiki pola makan agar dapat meningkatkan imunitas tubuh. Waspadai cavernous sinus thrombosis sebab  penyakit ini bermula pada infeksi ringan didaerah sinus yang keberadaannya biasanya dianggap  remeh oleh sebagian orang. (sumber : dr. Hendro Agung Silalahi,Sp.Bs dalam bukunya penyakit Cavernous sinus thrombosis)


You may also like

Tidak ada komentar:

Flickr Images

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Sandi Ovinia Putri

Tulisan tidak hanya berhenti di satu masa dan hanya satu kepala.
Tulisan bisa lebih kuat dari pada peluru, sebab ia mampu menembusa daya pikir kita.

Popular Posts